Rabu, 16 Februari 2011

ARTI SEBUAH KATA SISTEM & KOMPUTER DAN KETERKAITAN 2 HAL TERSEBUT

A.      SISTEM
Sistem menurut bahasa iyalah segala sesuatu yang terjaring dalam suatu perangkat unsur yang saling berkaitan dan membentuk suatu loyalitas. Itulah yang tertulis didalam buku KBBI. Lalu apakah perangkat – perangkat unsur tersebut ? yah tentu bisa apa saja yang bisa membentuk suatu sistem. Misalkan Sistem Kordinasi dalam tubuh. Dalam tubuh kita terbentuk dari suatu – suatu organ yang membentuk dalam sistem kordinasi. Dan apabila ditanyakan apa perangkat –perangkat yang membentuk suatu sistem kordinasi dalam tubuh kita adalah Otot, Darah, Hormon, otak, maupun tulang punggung. Sama pula seperti tubuh kita, sebuah komputer juga harus memiliki organ – organ pembentuk suatu sistem kordinasi tersebut yang akan kita bahas setelah pembahasan “Sistem” ini.
Menurut Wikipedia berbahasa indonesia,  dalam pengertian yang paling umum adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Kata sistem sendiri berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.
Pada prinsipnya, setiap sistem selalu terdiri atas empat elemen:
  • Objek, yang dapat berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Ia dapat benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung kepada sifat sistem tersebut.
  • Atribut, yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, di antara objek-objek di dalamnya.
  • Lingkungan, tempat di mana sistem berada.

Elemen sistem
Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, yaitu : tujuan, masukan, proses, keluaran, batas, mekanisme pengendalian dan umpan balik serta lingkungan. Berikut penjelasan mengenai elemen-elemen yang membentuk sebuah sistem :

1. Tujuan
Setiap sistem memiliki tujuan (Goal), entah hanya satu atau mungkin banyak. Tujuan inilah yang menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali. Tentu saja, tujuan antara satu sistem dengan sistem yang lain berbeda.
2. Masukan
Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa pelanggan).
3. Proses
Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lbih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna, misalnya saja sisa pembuangan atau limbah. Pada pabrik kimia, proses dapat berupa bahan mentah. Pada rumah sakit, proses dapat berupa aktivitas pembedahan pasien.
4. Keluaran
Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.
5. Batas
Yang disebut batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem. Sebagai contoh, tim sepakbola mempunyai aturan permainan dan keterbatasan kemampuan pemain. Pertumbuhan sebuah toko kelontong dipengaruhi oleh pembelian pelanggan, gerakan pesaing dan keterbatasan dana dari bank. Tentu saja batas sebuah sistem dapat dikurangi atau dimodifikasi sehingga akan mengubah perilaku sistem. Sebagai contoh, dengan menjual saham ke publik, sebuah perusahaan dapat mengurangi keterbasatan dana.
6. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.
7. Lingkungan
  • Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu saja harus ditahan dan dikendalikan supaya tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem, sedangkan yang menguntungkan tetap harus terus dijaga, karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem.

Jenis sistem

Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori:
  • Atas dasar keterbukaan:
    • sistem terbuka, dimana pihak luar dapat mempengaruhinya.
    • sistem tertutup.
  • Atas dasar komponen:
    • Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi.
    • Sistem non-fisik atau konsep, berisikan ide-ide.
Sedangkan menurut para ahli, Sistem diartikan sebagai berikut :
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY
Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut ANATOL RAPOROT
Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
Menurut L. ACKOF
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
sumber : wikipedia
B.      KOMPUTER
Zaman sekarang siapa yang tidak mengenal gadget atau alat tercanggih yang sebentar lagi akan menguasai aktifitas seluruh umat manusia yaitu Komputer. Pada zaman sekarang apabila orang ditanyakan hal pertanyaan sepele seperti ini “Eh,kamu tau Komputer ga ?” tentu saja orang tersebut akan di tertawakan Mengapa ? karena hanya orang-orang pedalaman/yang masih di pimpin oleh kepala suku saja yang masih belom mengenal Komputer. Karena mereka masih mengutamakan kebudayaan Tradisionalnya di bandingkan mengikuti perkembangan zaman yang kian lama kian modern dan canggih. Sebelum kita berbincang-bincang lebih jauh lagi apa itu yang dinamakan Komputer marilah sedikitnya saja kita melihat kembali apa itu yang dinamakan komputer,Let’s check this out : 

Bagian-bagian Komputer Personal.
1: Monitor
2: Motherboard
3: Prosesor
4: Slot ATA
5: RAM (Memori Akses Acak)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Hard Disk
10: Keyboard
11: Mouse
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bagaimana ? Anda sudah tau bukan begitu rumitnya komponen – komponen yang membentuk suatu komputer. Kalau dilihat dari segi kasarnya begitu saja bagaimana jika kita melihat suatu Komputer dari sisi Sistem kerjanya atau Sistem yang membentuk suatu Monitor, Moterboard, Prosesor, Slot ATA, RAM, Slot PCI, Catu Daya, Tempat cakram optik, hard Disk, Keyboard, dan Mouse. Pasti akan lebih sulit untuk mendeskripsikan komponen apa saja yang membentuk suatu Komputer tersebut.
Dan setelah anda – anda sekalian melihat bagian – bagian dari komputer tersebut marilah kita mendeskripsikannya arti komputer tersebut dalam bahasa.
Pada zaman dahulu komputer digunakan para ilmuan untuk menghitung suatu Bilangan atau sebagai alat kalkulator. Dan dari itu pula kita mengartikan sebuah Komputer sebagai alat hitung. Tetapi apakah anda percaya begitu saja apabila saya mengartikan arti komputer sebagai alat hitung ? secara anda juga satu profesi dengan saya sebagai mahasiswa jurusan yang bersangkutan dengan IT tentu saja anda tidak mendeskripsikan Komputer dalam arti yang sesederhana begitu. Bagaimana tidak, kalau di artikan sebagai alat hitung saja untuk apa kompone – komponen yang begitu besarnya hanya berguna sebagai alat hitung. Cukup menggunakan Kalkulator saja untuk menghitung suatu bilangan tersebut, benar bukan ?.
Tetapi kalau kita melihat secara mendetail cara kerjanya komputer memang dia memproses data kita dengan cara mengolahnya bukan dengan cara menghitung tetapi cara pengolahan komputer tidak seperti pengolahan manusia yaitu seperti dengan mengeksekusi data secara langsung dengan fisik,tetapi komputer mengolahnya dulu dari bentuk penghitungan angka seperti 0 dan 1 secara biner,oktal, maupun dengan cara hexadesimal. Setelah komputer itu menghitung dan hasilnya benar sesuai program yang telah kita masukkan, Barulah komputer mengeksekusi data yang telah kita berikan secara Fisik. Menarik bukan ?.
Dan apabila saya mencari – cari dari Internet mengenai arti sebuah dari kata Komputer yaitu berikut ini:
“Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.” Wikipedia
Saya juga mendapatkan pendapat seorang Blogger yang mendeskirpsikan Komputer sebagai begrikut :
Istilah computer (computer) diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Beberapa dibawah ini ada definisi tentang computer yang dikemukakan oleh beberapa pihak
Menurut buku Computer Annual (Robert H Blissmer), Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas antara lain menerima input,memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut buku Computer today (Donald H.Sanders), Komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization (V.C Hamacher), Komputer adalah mesin penghitung elektronok yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
Dapat disimpulkan bahwa computer adalah
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja scara otomatis.
Dan dilain tempat pula seorang blogger mendeskripsikan komputer sebagai berikut ini :
Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Perkataan 'computer' bermaksud menggambarkan orang yang bekerja melakukan perhitungan aritmatik, dengan atau tanpa alat bantu. Tetapi erti perkataan ini kemudian dipindahkan kepada mesin yang mengira. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatik, tetapi komputer moden dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematik. Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang sesuai untuk erti yang lebih luas seperti "komputer" adalah "pemproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Dan apabila anda sudah bangga dengan pengetahuan anda tentang definisi komputer tsb seperti yang telah saya berikan,tentu anda salah besar. Karena masih banyak lagi hal – hal yang belum kita ketehauin mengenai Ilmu Komputer dan juga beserta sistem sistem yang berlaku dalam komputer tersebut.
Baik,untuk kali ini mari kita mulai saja dengan mengartikan Ilmu Komputer tersebut
“Ilmu komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.” Wikipedia kembali .
Berikut pula menurut para ahli mendeskripsikan Ilmu Komputer tersebut :
Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turingkomputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).
(komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti
Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).
Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.
Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.
Edsger Dijkstra mengatakan:
Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop
Fisikawan ternama Richard Feynman mengatakan:
Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!

Setelah kita mengetahui definisi Komputer itu sendiri menurut Wikipedia, kita bisa mendapatkan bahan perbincangan untuk pembongkaran komponen – komponen komputer itu sendiri. Tada abang wiki berbicara mengenai Hardware dan Software, apa sih isi dari 2 hal tersebut ? mari kita bahas mengenai 2 hal tersebut.
Hardware adalah perangkat keras yang menyusun organ – organ komputer sehingga menjadi suatu bentuk komputer utuh. Contohnya adalah seperti gambar diatas, yaitu hardware terdiri dari Monitor, Moterboard, Prosesor, Slot ATA, RAM, Slot PCI, Catu Daya, Tempat cakram optik, hard Disk, Keyboard, dan Mouse. Dalam hal ini Hardware merupakan bagan terpenting untuk menggunakan sebuah Komputer. Sama pentingnya dengan Hardware, Software pula merupakan salah satu hal terpenting dalam pengguna Komputer, Contoh : dalam menggunakan komputer kita banyak menggunakan beberapa program untuk membantu aktifitas kita dalam penggunaan komputer, misalkan dalam pengetikan teks kita memerlukan paper atau kertas yang berada di dalam program komputer tersebut. Nah itulah yang dinamakan Software, lalu apabila kita sedang bekerja dengan Software maka apakah Hardware itu tidak dipakai ? tentu saja tidak,untuk melakukan pembukaan Software tersebut perlu lah eksekusi dari pendapat sang Brainware dan di bantu oleh sang Hardware. Nah looh..ada istilah baru nih yang perlu kita ketahui, yaitu Brainware. Apakah itu Brainware ? secara bahasa inggri Brainware bisa dipisahkan menjadi 2 kata menjadi Brain dan Ware. Dalam bahasa indonesianya Brain berarti Otak dan Ware berarti Perangkat. Jadi apabila di gabungkan menjadi Perangkat Otak. Lalu apakah mungkin perangkat otak kita,kita letakkan di dalam komputer ? tentu saja tidak,yang dimaksutkan Brainware disini adalah yaitu kita sendiri. Kita sendiri yang melakukan tugas untuk hardware untuk mengeksekusi data melalui Software – software yang ingin kita gunakan. Jadi tanpa Brainware, Software dan Hardware tidak akan bisa berjalan atau memproses data. Jadi yang terpenting dalam komputerisasi adalah yaitu kita sendiri yang mengendalikan Komputer tersebut.
Setelah kita mengetahui bahwa komputer bisa berjalan karena kita sendiri,maka kita mengetahui pulalah fungsi dari komputer itu sendiri. Fungsi komputer itu sendiri tergantung dari individu – individu yang menggunakan Komputer itu sendiri. Misalkan banyak orang yang menggunakan Komputer pada zaman sekarang hanya untuk kepentingan Hiburan mereka saja seperti bermain game, menonton film, dan mendengarkan lagu. Tetapi ada pula orang yang menggunakan Komputer untuk kepentingan tugas pada bidangnya masing – masing. Orang yang menggunakan Komputer tersebut tentu saja tidak lagi menggunakan program kompter biasa yang biasa dinggunakan orang – orang awam untuk melakukan kebiasaanya. Misalkan pekerjaan desain grafis tidak bisa memakai Software – software biasa yang digunakan orang – orang awam untuk menggambar, pekerjaan tersebut harus menggunakan software – software khusus yang dapat membantu para desainer dalam melakukan pengambaranya seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator.
Dan berikut adalah artikel yang saya ambil dari wikipedia tentang penggunaan Komputer dari zaman dulu hingga zaman modern saat ini.
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Menarik sekali bukan mengetahui tentang apa yang tidak ketahui dan kita hanya bisa menggunakan alat canggih yang bernamakan Komputer ini. Baiklah setelah kita mengetahui tentang apa yang diartikan Sistem dan Komputer,setidaknya kita bisa menyimpulkan judul yang tercantum dalam artikel ini. Hubungan yang tercantum dalam sebuah kata Sistem dan Komputer ini adalah hubungan yang sangat erat. Komputer sangat memerlukan sebuah Sistem – sistem yang bekerja sangat rumit untuk melakukan tugas – tugas mereka yang tercantum dalam sebuah sistem komputer termasuk kita,mengapa ? karena seperti kata saya diatas, jika tidak ada otak atau brainware yang menjalankan sebuah sistem komputer tersebut maka sistem komputer tersebut tidak akan berjalan. Karena kita merupakan sebuah bagian sistem penting dari komputer tersebut maka saya berpikiran sebagai berikut. “SESUATU YANG SANGAT HEBAT ITU  DICIPTAKAN OLEH SESUATU YANG LEBIH HEBAT DARIPADA HAL YANG DICIPTAKANNYA.” – Nur Widya Susilo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar